EU4Wartawan | Home_Id
14985
page-template,page-template-full_width,page-template-full_width-php,page,page-id-14985,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-theme-ver-16.6,qode-theme-bridge,hide_inital_sticky,disabled_footer_top,disabled_footer_bottom,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.1,vc_responsive
 


Undangan untuk Berpartisipasi

Dalam rangka Asian Games dan Para Games 2018, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia menyelenggarakan program “Penghargaan Uni Eropa untuk Wartawan (#eu4wartawan)” sebagai bentuk apresiasi terhadap karya tulis jurnalistik yang sangat baik dan mampu mengangkat isu keberagaman serta non-diskriminasi saat diselenggarakannya dua perhelatan akbar di Indonesia yang berlangsung berturut-turut pada 18 Agustus hingga 2 September dan 6 hingga 13 Oktober 2018 tersebut.

Sebagai bagian dari dukungan terhadap Asian Para Games, Indonesia juga akan menyelenggarakan festival perdana karya seni difabel: Festival Bebas Batas. Festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 12-29 Oktober 2018 dan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang hak dan peran kelompok difabel di tengah masyarakat. Festival ini merupakan inisiatif bersama antara Galeri Nasional Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Art Brut Indonesia serta the British Council.

Seiring dengan perayaan 70 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, inisiatif Uni Eropa ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian masyarakat Indonesia terhadap substansi hak asasi manusia yang bersifat universal dan relevansi dari nilai-nilai hak asasi manusia tersebut, termasuk non-diskriminasi, kesetaraan gender, toleransi dan keberagaman. Nilai-nilai ini sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Piagam Olimpiade yang menyebutkan bahwa tiap individu harus memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan olahraga tanpa dihalangi oleh diskriminasi dalam bentuk apa pun, dan harus terus dilindungi oleh semangat Olimpiade.

Media memainkan peran penting dalam menyoroti isu-isu ini dan dapat menggugah masyarakat serta pemerintah untuk mengambil tindakan yang sungguh-sungguh dalam melawan diskriminasi, dan juga untuk memastikan hak asasi manusia berlaku untuk semua orang tanpa kecuali.

Terkait hal tersebut, Penghargaan #eu4wartawan dimaksudkan untuk mendukung wartawan Indonesia yang berkontribusi pada upaya peningkatan kesadaran terhadap hak asasi manusia, sesuai prinsip-prinsip Olimpiade. Asian Games, Para Games dan Festival Bebas Batas menjadi kesempatan yang istimewa untuk mempromosikan pesan-pesan tersebut.

Delegasi Uni Eropa berharap bahwa Penghargaan ini akan mendorong dan berkontribusi pada peningkatan jurnalisme berkualitas yang berpihak pada hak asasi manusia di Indonesia.

Syarat

Program penghargaan ini terbuka bagi wartawan media cetak maupun online profesional berkewarganegaraan Indonesia.

Dalam rangka program penghargaan ini, para jurnalis profesional yang berpartisipasi harus bekerja di perusahaan media yang terdaftar resmi di Indonesia.

Cara Mendaftar

Karya tulis jurnalistik didaftarkan secara online dengan cara menekan tombol di bawah ini atau kirimkan melalui email: info@eupop-id.eu. Sebelumnya, mohon siapkan:

1.  Copy dari kartu identitas pers Anda dalam format pdf/jpg atau png.

2.  Copy dan karya tulis jurnalistik Anda yang telah diterbitkan (artikel di media cetak maupun online) dalam format pdf.

Karya tulis jurnalistik yang didaftarkan harus merupakan karya asli/ orisinal dari pendaftar dan mencakup isu-isu terkait non-diskriminasi’ dalam kegiatan Asian Games atau Para Games atau Festival Bebas Batas 2018.

Karya yang didaftarkan dapat merupakan hasil tulisan individual maupun beberapa orang (kelompok). Apabila karya jurnalistik yang menang merupakan hasil tulisan dari sejumlah orang, perlu dipahami bahwa hanya satu orang yang akan dibiayai untuk progam perjalanan ke Eropa sebagai hadiahnya.

Tenggat waktu pendaftaran adalah 9 November 2018. Aplikasi yang terlambat atau tidak lengkap, tidak akan diikutsertakan atau dipertimbangkan.

Detil Pendaftaran

1. Cakupan tema

Mempromosikan Hak Asasi Manusia untuk semua, non-diskriminasi dan keberagaman, sepanjang Asian Games, Asian Para Games dan Festival Bebas Batas 2018.

2. Periode Penilaian

Karya yang didaftarkan adalah artikel yang diterbitkan antara 15 Juli hingga 9 November 2018.

3. Bahasa yang Digunakan:

Karya yang didaftarkan (hanya satu karya per wartawan) harus dalam Bahasa Indonesia.

Tanggal-Tanggal Penting

  • 1 Agustus 2018: Peluncuran Penghargaan #eu4wartawan
  • 9 November 2018: Penutupan pendaftaran
  • 15 Desember 2018: Pengumuman 5 penerima penghargaan

Juri dan Kriteria Seleksi

  • Juri akan terdiri dari wakil dari Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan pakar media/ hak asasi manusia independen.
  • Karya yang didaftarkan akan dievaluasi berdasarkan relevansinya dengan tema penghargaan dan isu hangat saat ini, juga berdasarkan kejelasan pesan yang hendak disampaikan, aspek analisis penulisannya, serta orisinalitas.

Penghargaan dan Ketentuan

  • Lima (5) pemenang akan dihubungi secara pribadi dan pengumumannya akan dipublikasikan melalui website Delegasi Uni Eropa.
  • Pemenang akan berpartisipasi dalam program kunjungan ke Eropa selama satu minggu, tentatif pada tahun 2019.
  • Selama di Eropa, kelima pemenang akan memperoleh kesempatan untuk bertemu dengan para pakar dan mengunjungi institusi Uni Eropa yang memiliki perhatian pada bidang hak asasi manusia dan olahraga, serta bertemu dengan wakil-wakil organisasi masyarakat sipil di Eropa. Setelah menyelesaikan program kunjungannya ke Eropa, para pemenang diharapkan dapat berbagi kisah pengalamannya kepada Delegasi Uni Eropa.

Program kunjungan ke Eropa (sebagai hadiah pemenang) tidak dapat diberikan kepada pihak lain dan tidak dapat ditukar dengan uang tunai.

Jika pemenang tidak dapat memenuhi jadwal perjalanan sebagaimana yang ditentukan oleh Delegasi Uni Eropa, maka Delegasi Uni Eropa memiliki hak dalam situasi apa pun untuk mengganti hadiah tersebut dengan bentuk lain yang nilainya setara dengan seluruh biaya perjalanan tersebut. Delegasi Uni Eropa tidak akan menawarkan hadiah pengganti berupa uang tunai dan pemenang harus dapat menerima bentuk hadiah pengganti yang ditawarkan.

Hak Cipta

Dengan mendaftarkan diri dalam program penghargaan ini, penulis artikel memberikan izin kepada Uni Eropa untuk menggunakan karyanya dengan ketentuan bebas royalti dan non-komersial – baik dalam hal mencetak atau menyebarkan materi tulisan, serta sebagian maupun secara utuh. Nama penulis akan disebutkan manakala hasil karyanya dimanfaatkan.

Informasi Tambahan

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Bagian Pers & Informasi Delegasi Uni Eropa:  delegation-indonesia-info@eeas.eruopa.eu

EnglishBahasa Indonesia