Tentang Lomba

PENGHARGAAN UNI EROPA UNTUK WARTAWAN (#eu4wartawan)

“DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERAN DAN HAK PEREMPUAN DI INDONESIA”

Selama masa pandemi Covid-19, perempuan berada di garis depan di berbagai bidang kehidupan dan secara tidak proporsional turut terkena dampak krisis. Perempuan merupakan mayoritas profesional perawatan kesehatan dan petugas kesehatan komunitas, pekerja informal dan pekerja migran. Status informal mereka meningkatkan kerentanan mereka untuk dipecat dari pekerjaannya selama masa krisis ini. Di rumah, perempuan juga memainkan peran penting sebagai pengasuh bagi anak-anak, dan memenuhi kebutuhan rumah tangga. Tidak hanya itu, bagi perempuan yang bekerja dari rumah, mereka berjuang untuk membagi perhatian dan waktu.

Selain itu, kombinasi tekanan ekonomi dan sosial yang disebabkan oleh pandemi, dan pembatasan pergerakan, telah meningkatkan jumlah perempuan yang menghadapi kekerasan dan pelecehan dalam rumah tangga. Dampak sosial ekonomi Covid-19 telah memperburuk ketidaksetaraan dan diskriminasi yang sudah ada sebelumnya, baik di ruang publik maupun pribadi.

Untuk meningkatkan kesadaran publik di Indonesia tentang universalitas. hak asasi manusia dan relevansi nilai-nilainya, yaitu non-diskriminasi dan kesetaraan gender, delegasi Uni Eropa untuk Indonesia bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Indepenen (AJI) Indonesia dan Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) menyelenggarakan kegiatan lomba penulisan EU4Wartawan Competition 2020 dengan tema “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran dan Hak Perempuan di Indonesia”.

Media memainkan peran penting dalam menyoroti isu-isu tersebut dan menciptakan kepedulian publik dan pembuat kebijakan tentang pentingnya mengambil tindakan yang berarti untuk melawan diskriminasi, mendorong pemenuhan hak perempuan dan melindunginya dari berbagai macam bentuk kekerasan. Kompetisi EU4Wartawan ini juga diharapkan dapat menarik minat lebih banyak jurnalis untuk menulis artikel tentang tema tersebut.